Buku Modul Literasi PKB Guru MI

 


Peran  dan  tanggung  jawab  guru  di  masa  yang  akan  datang  akan semakin kompleks seiring perkembangan laju informasi dan karakteristik generasi pembelajar di era 4.0. Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan kompetensi  profesionalitasnya  sehingga  mampu  mengimbangi  trend pembelajaran yang semakin dinamis dan kreatif. Di era informasi ini, guru juga  dituntut  untuk  selektif  dan  literat  dalam  mengembangkan  proses pembelajaran peserta didik sehingga berkontribusi positif terhadap capaian hasil belajar siswa.

Oleh  karena  itu,  modul  ini  hadir  sebagai  salah  satu  sarana pembelajaran  guru  untuk  meningkatkan  kompetensinya.  Target kompetensi yang diharapkan dalam unit ini adalah  kompetensi pedagogik dan profesional. Kompetensi pedagogiknya adalah menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Sedangkan kompetensi profesionalnya adalah menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan  yang  mendukung  mata  pelajaran  yang  diampu. 

Kompetensikompetensi guru dan kompetensi siswa tersebut  menjadi bagian penting dari dasar kemampuan literasi anak. Guru harus memahami bahwa literasi menjadi  isu  yang  menarik  untuk  diperhatikan,  karena  jika  kemampuan membaca  dan  menulis  siswa  tidak  mendapatkan  porsi  perhatian  yang tinggi, siswa-siswi akan terhambat dalam memperoleh capaian prestasinya. Demikian juga siswa perlu dilatih membaca dan menulis sejak awal, karena hal itu akan mengantarkan mereka pada kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan karakter gemar membaca.

Tujuan umum modul ini adalah:

1.  Meningkatkan kemampuan pedagogik dan profesional guru

2.  Menfasilitasi  sumber  belajar  guru  dalam  mengembangkan  kegiatan pembelajaran berbasis literasi

Secara khusus, tujuan unit ini adalah:

1.  Membangun mindset guru dan siswa tentang pentingnya literasi

2.  Membangun  pola  pikir  guru  dan  siswa  dengan  pola  pikir  yang  terus berkembang (Growth Mindset)

3.  Mengidentifikasi berbagai kegiatan dalam keterampilan literasi

4.  Menciptakan lingkungan kelas yang literat untuk mendukung keterampilan literasi

Manfaat yang ingin dicapai:

1.  Sebagai  sumber  belajar  bagi  guru  untuk  meningkatkan  kompetensi pedagogis dan profesional tertentu

2.  Sebagai  sumber  bagi  guru  untuk  mengembangkan  pola  pikir berkembang dalam mengembangkan budaya literasi

3.  Sebagai  acuan  bagi  guru  untuk  merencanakan,  melaksanakan,  dan mengevaluasi  program-program  pengembangan  budaya  literasi  di madrasah

4.  Sebagai  bahan  guru  untuk  melakukan  assessment  mandiri  guna meningkatkan keprofesionalan.

 

Adapun sasaran modul ini adalah:

1.  Fasilitator nasional, provinsi, dan kabupaten/kota

2.  Pengawas Madrasah

3.  Kepala Madrasah

4.  Ketua KKG/MGMP/MGBK

5.  Guru

6.  Peserta didik.

Untuk lebih lengkapnya, buku modul literasi dapat di UNDUH di

https://bit.ly/BukuModulLiterasi_1_PKBMI

1 Komentar untuk "Buku Modul Literasi PKB Guru MI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel