Buku Modul Literasi PKB Guru MI
Peran dan tanggung jawab guru di masa yang akan datang akan semakin kompleks seiring perkembangan laju informasi dan karakteristik generasi pembelajar di era 4.0. Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan kompetensi profesionalitasnya sehingga mampu mengimbangi trend pembelajaran yang semakin dinamis dan kreatif. Di era informasi ini, guru juga dituntut untuk selektif dan literat dalam mengembangkan proses pembelajaran peserta didik sehingga berkontribusi positif terhadap capaian hasil belajar siswa.
Oleh karena itu, modul ini hadir sebagai salah satu sarana pembelajaran guru untuk meningkatkan kompetensinya. Target kompetensi yang diharapkan dalam unit ini adalah kompetensi pedagogik dan profesional. Kompetensi pedagogiknya adalah menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Sedangkan kompetensi profesionalnya adalah menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Kompetensikompetensi guru dan kompetensi siswa tersebut menjadi bagian penting dari dasar kemampuan literasi anak. Guru harus memahami bahwa literasi menjadi isu yang menarik untuk diperhatikan, karena jika kemampuan membaca dan menulis siswa tidak mendapatkan porsi perhatian yang tinggi, siswa-siswi akan terhambat dalam memperoleh capaian prestasinya. Demikian juga siswa perlu dilatih membaca dan menulis sejak awal, karena hal itu akan mengantarkan mereka pada kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan karakter gemar membaca.
Tujuan umum modul ini adalah:
1.
Meningkatkan kemampuan pedagogik dan profesional guru
2.
Menfasilitasi sumber belajar
guru dalam mengembangkan
kegiatan pembelajaran berbasis literasi
Secara khusus, tujuan unit ini adalah:
1.
Membangun mindset guru dan siswa tentang pentingnya literasi
2.
Membangun pola pikir
guru dan siswa
dengan pola pikir
yang terus berkembang (Growth
Mindset)
3.
Mengidentifikasi berbagai kegiatan dalam keterampilan literasi
4.
Menciptakan lingkungan kelas yang literat untuk mendukung keterampilan
literasi
Manfaat yang ingin dicapai:
1.
Sebagai sumber belajar
bagi guru untuk
meningkatkan kompetensi pedagogis
dan profesional tertentu
2.
Sebagai sumber bagi
guru untuk mengembangkan
pola pikir berkembang dalam
mengembangkan budaya literasi
3.
Sebagai acuan bagi
guru untuk merencanakan,
melaksanakan, dan mengevaluasi program-program pengembangan
budaya literasi di madrasah
4.
Sebagai bahan guru
untuk melakukan assessment
mandiri guna meningkatkan
keprofesionalan.
Adapun sasaran modul ini adalah:
1. Fasilitator nasional, provinsi, dan kabupaten/kota
2. Pengawas Madrasah
3.
Kepala Madrasah
4.
Ketua KKG/MGMP/MGBK
5.
Guru
6.
Peserta didik.
Untuk lebih lengkapnya, buku modul
literasi dapat di UNDUH di
Terimakasih, informasi yg sangat bermanfaat
BalasHapus