Buku Modul Numerasi PKB Guru MI


 Peningkatan Kompetensi Pembelajaran merupakan salah satu  fokus  upaya Kementerian Agama, Direktorat Jenderal Guru dan  Tenaga Kependidikan (GTK) dalam  meningkatkan  kualitas  madrasah  melalui  pembelajaran  berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi, kontekstual, dan terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman.  Program  PKB  dilakukan  mengingat  luasnya  wilayah  Indonesia  dan kualitas pendidikan yang belum merata, sehingga peningkatan pendidikan dapat berjalan secara masif, merata, dan tepat sasaran.

Sasaran  Program  PKB  ini  adalah  seluruh  guru  di  wilayah  NKRI  yang tergabung dalam komunitas guru sesuai bidang tugas yang diampu di wilayahnya masing-masing.  Komunitas  guru  dimaksud  meliputi  kelompok  kerja  guru  (KKG), Musyawarah  Guru  Mata  Pelajaran  (MGMP),  dan  Musyawarah  Guru  Bimbingan Konseling (MGBK).  Model pembelajaran yang digunakan dalam program pelatihan PKB ini adalah melalui moda Tatap Muka In-On-In  sehingga guru tidak harus meninggalkan tugas utamanya di madrasah sebagai pendidik.

Numerasi  menurut  ACARA  2017  adalah  kemampuan  yang  mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan peserta didik untuk menggunakan matematika dalam berbagai situasi.

Dengan demikian dibutuhkan proses pembelajaran matematika di MI yang benar-benar  mengikuti  kaidah  pedagogi  dan  konsep  matematika  sehingga peserta  didik  benar-benar  mendapatkan  pengalaman  belajar  yang mengantarkannya mencapai kompetensi yang diharapkan.

Modul ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan  Kementerian Agama yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada  keterampilan berpikir tingkat tinggi atau  higher order thinking skills  (HOTS) dan terintegrasi dengan nilai -nilai keislaman.  Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam  menguraikan  materi,  membuat  kesimpulan,  membangun  representasi, menganalisis,  dan  membangun  hubungan  dengan  melibatkan  aktivitas  mental yang  paling  dasar.  Sementara,  nilai-nilai  keislaman  diintegrasikan  dalam pembelajaran  sebagai  hidden  curriculum  sehingga  tercipta  generasi  unggul sekaligus beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia

Tujuan modul ini adalah agar guru Madrasah Ibtidaiyah:

1.  Memahami konsep dan praktik pembelajaran matematika di MI. 

2. Menyadari kekuatan dan kekurangan diri sebagai Guru yang mengampu Pembelajaran  matematika  serta  berkemauan  kuat  untuk  memperbaiki kekurangan diri dan meningkatkan kekuatan yang dimiliki.

3. Memahami serta mampu memilih metode pembelajaran matematika yang sesuai untuk peserta didik di kelas.

4. Mampu melakukan asesmen yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika di MI.

Manfaat yang ingin dicapai:

1.  Sebagai  sumber  belajar  bagi  guru  dalam  melaksanakan  PKB  untuk mencapai  target  kompetensi  pedagogis  dan  kompetensi  profesional tertentu.

2. Sebagai sumber bagi guru dalam mengembangkan kurikulum, persiapan dan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik.

3.  Sebagai  bahan  asesmen  mandiri  guru  dalam  rangka  peningkatan keprofesionalan. 

4.  Sebagai  sumber  dalam  merencanakan  dan  melaksanakan  asesmen peserta didik.

5.  Sebagai  sumber  belajar  bagi  peserta  didik  untuk  mencapai  target kompetensi dasar

Adapun sasaran modul ini adalah:

1.  Fasilitator nasional, provinsi, dan kabupaten/kota

2.  Pengawas Madrasah

3.  Kepala Madrasah

4.  Ketua KKG/MGMP/MGBK

5.  Guru

6.  Peserta didik.

Untuk lebih lengkapnya, buku modul numerasi dapat di UNDUH di

 https://bit.ly/ModulNumerasi1_3PKBMI

2 Komentar untuk "Buku Modul Numerasi PKB Guru MI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel